Nilai Sosial Budaya Dalam Pembuatan Rumah Adat “Umma Kalada” Pada Masyarakat Suku Bondokadelu Di Desa Mareda Kalada Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat daya

Detail Cantuman

Skripsi

Nilai Sosial Budaya Dalam Pembuatan Rumah Adat “Umma Kalada” Pada Masyarakat Suku Bondokadelu Di Desa Mareda Kalada Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat daya

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) mengapa pembuatan rumah adat “Umma Kalada” pada masyarakat suku Bondokadelu masih tetap dipertahankan hingga saat ini?, (2) Bagaimana bentuk partisipasi anggota suku Bondokadelu dalam proses pembuatan rumah adat “Umma Kalada”?, (3) Bagaimana wujud nilai sosial budaya dalam proses pembuatan rumah adat “Umma Kalada” pada suku Bondokadelu?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan alasan pembuatan rumah adat “Umma Kalada” suku Bondokadelu masih di pertahankan hingga saat ini, (2) Mendeskripsikan bentuk partisipasi anggota suku Bondokadelu dalam proses pembuatan rumah adat “Umma Kalada” pada suku Bondokadelu (3) Mendeskripsikan wujud nilai sosial budaya dalam proses pembuatan rumah adat “Umma Kalada” pada suku Bondokadelu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu meneliti suatu objek dengan mengambarkan, menghimpun, dan menganalisis data, fakta serta menarik kesimpulan. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan rato, tokoh adat dan masyarakat suku Bondokadelu dalam Nilai sosial budaya dalam pembuatan rumah adat Umma kalada.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembuatan rumah adat Umma Kalada masih dipertahankan hingga saat ini karena merupakan umma panewe/umma kadouka sebagai rumah induk tempat pertama yang harus dikunjungidalam membuat rumah adat lainnya dan juga sebagai tempat untuk melakukan upacara adat.Bentuk partisipasi dalam Pembuatan rumah adat Umma Kalada melibatkan seluruh anggota masyarakat suku Bondokadelu dengan pembagian tanggungan sesuai status yang ada pada ke-empat tiang dariUmma Kalada dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan hasil di bangunnya rumah adat. Nilai sosial budaya yang terdapat dalam proses pembuatan rumah adat Umma Kalada yakni nilai estetika, nilai religius, nilai kebersamaan, nilai demokrasi, keadilan dan nilai gotong Royong yang selalu menjadi pedoman bagi setiap masyarakat suku Bondokadelu.

Kata kunci : Nilai Sosial Budaya, Umma kalada


Detail Information

Item Type
Penulis
Yasinta Dappa Loka - Personal Name
Student ID
1701070077
Dosen Pembimbing
Anif Istianah - 198812112019032013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
Anif Istianah - 198812112019032013 - Penguji 1
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 LOK N
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA