Strategi Pengembangan Subsistem Pemasaran Agribisnis Kopi Arabika di Kelurahan Compang Carep Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai (Studi Kasus Kelompok Tani Peduli Lestari Lingkungan Carep)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pengembangan Subsistem Pemasaran Agribisnis Kopi Arabika di Kelurahan Compang Carep Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai (Studi Kasus Kelompok Tani Peduli Lestari Lingkungan Carep)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang mempengaruhi pengembangan subsistem pemasaran agribisnis kopi arabika di Kelurahan Compang Carep Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei, metode kepustakaan dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif melalui pendekatan analisis SWOT (analisis IFAS-EFAS, analisis matriks SWOT dan kuadran SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor internal yang termasuk kekuatan utama dalam mengetahui pengembangan subsistem pemasaran agribisnis kopi di Kelurahan Compang Carep yaitu menjual kopi dalam bentuk kopi kering dan pengetahuan petani sudah sampai pada pengolahan kopi bubuk, sedangkan kelemahan utamanya adalah produksi dan produktivitas kopi rendah dan kurangnya pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi. Sementara faktor eksternal yang termasuk peluang utama adalah sumber daya alam yang mendukung dan berkembangnya pasar modern/online, sedangkan ancaman utamanya yaitu persaingan pasar. Strategi pengembangan subsistem pemasaran agribisnis kopi arabika difokuskan pada strategi agresif, yaitu strategi yang lebih ditekankan pada kegiatan yang mengarah pada strategi SO (strengths-opportunities) yaitu upaya memaksimalkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang dimiliki. Strategi tersebut adalah petani memanfaatkan kemajuan teknologi (intenet) yang ada sehingga mempermudah para petani untuk mempromosikan produk yang akan dipasarkan. Melalui media internet, kegiatan promosi kelompok tani memungkinkan menjangkau konsumen lebih luas dan intensif.
Kata Kunci: Kopi Arabika, Pemasaran Agribisnis, Strategi, SWOT


Detail Information

Item Type
Penulis
LIDIA PATMASARINA SANTI - Personal Name
Student ID
1704020166
Dosen Pembimbing
Ignatius Sinu - 195808231988031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ida Nurwiana - 196201131992032001 - Ketua Penguji
Ignatius Sinu - 195808231988031002 - Penguji 1
Damianus Adar - 196501131991031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Agribisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 SAN S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA