Kajian Metode Pemecahan Masalah Matematis Menurut Teori Polya, Dewey dan Krulik-Ruddnick

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Metode Pemecahan Masalah Matematis Menurut Teori Polya, Dewey dan Krulik-Ruddnick

XML

ABSTRAK

Kajian Metode Pemecahan Masalah Matematis Menurut Teori Polya, Dewey dan Krulik-Ruddnick

Noni Angriani Tse (1701030028), Pembimbing I, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc; Pembimbing II, Dr. Damianus Dao Samo, M.Pd

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pemecahan masalah matematis menurut teori Polya, Dewey dan Krulik-Ruddnick serta mendeskripsikan perbedaan penggunaan metode pemecahan masalah matematika menurut teori Polya, Dewey dan Krulik-Ruddnick. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode review artikel, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai artikel yang berkaitan dengan teori Polya, Dewey dan Krulik-Ruddnick dalam pemecahan masalah matematika.

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah proses terencana yang dilakukan sebagai usaha untuk mencari penyelesaian dari masalah yang dihadapi sehingga mencapau tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah Polya dapat dijadikan sebagai acuan dalam memecahkan sebuah permasalahan, langkah menurut polya yaitu: memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Acuan selanjutnya yang digunakan dalam memecahkan masalah yaitu menurut Dewey dimana langkah-langkahnya yaitu: mengenali masalah, pendefinisian masalah, mengembangkan beberapa hipotesis, menguji beberapa hipotesis dan mengambil hipotesis terbaik. Serta langkah pemecahan masalah matematis menurut Krulik-Ruddnick yaitu: membaca, mengeksplorasi, memilih suatu strategi, menyelesaikan masalah dan meninjau kembali. Pada hakekatnya tidak ada perbedaan yang mendasar, terdapat kemiripan dari pendapat tiga orang ahli tersebut, yaitu masalah harus dikenali, kemudian masalah harus diselesaikan dan melihat atau berefleksi kembali tentang masalah.


Kata Kunci : Polya, Dewey, Krulik-Ruddnick, Pemecahan Masalah Matematis


Detail Information

Item Type
Penulis
Noni Angriani Tse - Personal Name
Student ID
1701030028
Dosen Pembimbing
Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
- - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Tse K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA