Literasi Budaya Penti pada Masyarakat Manggarai (Studi kasus di Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Literasi Budaya Penti pada Masyarakat Manggarai (Studi kasus di Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai)

XML

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya literasi budaya Penti pada masyarakat Manggarai mengakibat lambat laun budaya Penti mulai memudar karena kurangnya literasi dari masyarakat khususnya generasi muda. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendapatkan gambaran mengenai literasi budaya Penti pada masyarakat Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Tenda yang saat ini berada di Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Teknik penarikan sample dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Literasi dan Perubahan Sosial. Informan dalam peneltian ada 10 (sepuluh) orang terdiri dari 3 (tiga) orang Tokoh Adat dan 7 (tujuh) orang Tokoh Masyarakat . Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dengan informan mengenai Literasi Budaya Penti pada masyarakat Manggarai. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Literasi budaya Penti pada masyarakat Manggarai Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai Kelurahan Tenda ialah membaca menulis dan memahami budaya sebagai bentuk pelestarian budaya dan memudahkan masyarakat untuk mempelajari budaya lewat buku, jurnal maupun skripsi dan majalah agar tulisan budaya-budaya terutama budaya Penti dapat diketahui masyarakat luar Manggarai. Pementasan dan pameran budaya sebagai upaya pelestarian da nmempertahankan budaya agar tetap eksis di tengah tantangan globalisasi, serta menyadarkan masyarakat Manggarai untuk menjaga budaya secara terus menerus. Mempublikasikan budaya lewat Youtube, televisi maupun radio agar budaya terutama budaya Penti dikenali masyarakat luar terutama wisatawan, tawarannya budaya Penti bisa dijadikan sebagai aset-aset pariwisata yang memicu masyarakat luar terutama wisatawan yang datang melihat aset-aset budaya yang ada pada masyarakat Manggarai, dengan itu masyarakat Manggarai tidak hanya dikenal sebagai daerah yang indah akan pariwisatanya, melainkan ada yang lebih menarik yaitu aset-aset budaya. Kata kunci: Literasi Budaya Penti pada masyarakat Manggarai


Detail Information

Item Type
Penulis
I Putu Wira Anggrawan - Personal Name
Student ID
1603080024
Dosen Pembimbing
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 1
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ang L
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA