Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa

Detail Cantuman

Skripsi

Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa

XML

Meta Analysis Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa

Yeniarse Pedja Rohi (1701030084), Pembimbing I, Dr. Ch. K. Ekowati, M. Si; Pembimbing II, Dr. Damianus D. Samo

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa, mengetahui besar pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa dan perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matemati siswa ditinjau dari jenis berpikir matematis, jenjang pendidikan, dan tahun penelitian.
Jenis penelitian adalah meta-analisis. Meta-analisis adalah sebuah teknik statistika untuk menggabungkan berberapa penelitian sejenis dan dilakukan analisis data sehingga diperoleh padanan data secara kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei pada hasil-hasil penelitian sejenis pada artikel publikasi. Artikel publikasi yang dianalisis berjumlah 42 artikel.
Hasil penelitian meta-analisis mengungkapkan bahwa problem based learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis siswa, di mana terdapat 21 artikel menunjukan efek tinggi, 16 artikel memiliki efek sedang dan hanya 5 artikel yang tergolong ke dalam efek yang rendah. Hasil analisis secara keseluruhan rata-rata besar pengaruh penggunaan problem based learning memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yaitu sebesar 0,86. Selain itu, hasil uji hipotesis perbedaan pengaruh berdasarkan jenis berpikir matematis memberikan hasil signifikansi 0,574>0,05, dan perbedaan pengaruh berdasarkan jenjang pendidikan memberikan hasil 0,535>0,05, sehingga tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa jika ditinjau berdasarkan jenis berpikir matematis dan jenjang pendidikan, sedangkan perbedaan pengaruh berdasarkan tahun penelitian memberikan hasil 0,032<0,05, ini menunjukan terdapat perbedaan pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa ditinjau dari tahun penelitian.

Kata kunci : Problem based learning, kemampuan berpikir matematis, meta-analisis.


Detail Information

Item Type
Penulis
YENIARSE PEDJA ROHI - Personal Name
Student ID
1701030084
Dosen Pembimbing
Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ohi M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA