Skripsi
Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa
XMLMeta Analysis Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa
Yeniarse Pedja Rohi (1701030084), Pembimbing I, Dr. Ch. K. Ekowati, M. Si; Pembimbing II, Dr. Damianus D. Samo
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa, mengetahui besar pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa dan perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matemati siswa ditinjau dari jenis berpikir matematis, jenjang pendidikan, dan tahun penelitian.
Jenis penelitian adalah meta-analisis. Meta-analisis adalah sebuah teknik statistika untuk menggabungkan berberapa penelitian sejenis dan dilakukan analisis data sehingga diperoleh padanan data secara kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei pada hasil-hasil penelitian sejenis pada artikel publikasi. Artikel publikasi yang dianalisis berjumlah 42 artikel.
Hasil penelitian meta-analisis mengungkapkan bahwa problem based learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis siswa, di mana terdapat 21 artikel menunjukan efek tinggi, 16 artikel memiliki efek sedang dan hanya 5 artikel yang tergolong ke dalam efek yang rendah. Hasil analisis secara keseluruhan rata-rata besar pengaruh penggunaan problem based learning memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yaitu sebesar 0,86. Selain itu, hasil uji hipotesis perbedaan pengaruh berdasarkan jenis berpikir matematis memberikan hasil signifikansi 0,574>0,05, dan perbedaan pengaruh berdasarkan jenjang pendidikan memberikan hasil 0,535>0,05, sehingga tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa jika ditinjau berdasarkan jenis berpikir matematis dan jenjang pendidikan, sedangkan perbedaan pengaruh berdasarkan tahun penelitian memberikan hasil 0,032<0,05, ini menunjukan terdapat perbedaan pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa ditinjau dari tahun penelitian.
Kata kunci : Problem based learning, kemampuan berpikir matematis, meta-analisis.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
YENIARSE PEDJA ROHI - Personal Name
|
Student ID |
1701030084
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Ohi M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |