Explorasi Matematika Sekolah Dasar Pada Pembuatan Motif Kain Tenun Masyarakat Amanatun Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Explorasi Matematika Sekolah Dasar Pada Pembuatan Motif Kain Tenun Masyarakat Amanatun Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep matematika sekolah dasar yang terdapat pada pembuatan motif kain tenun suku Amanatun, TTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsi, dimana data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif, sedangkan sumber data dari dokumentasi dan wawancara yang berkaitan dengan pembuatan motif kain tenun Amanatun, TTS. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Alat bantu yang digunakan berupa pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika sekolah dasar pada kain tenun Amanatun yang dapat diidentifikasi dari pembuatan motif pada kain berupa konsep menghitung, mengukur dan geometris. Konsep menghitung berkaitan dengan penjumlahan dan satuan waktu. Konsep mengukur berkaitan dengan alat ukur baku dan tidak baku. Sedangkan konsep geometris berkaitan dengan bangun datar yang meliputi belah ketupat dan jajargenjang. Semua konsep matematika yang terdapat pada kain tenun Amanatun dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran dan juga untuk memperkenalkan budaya, serta diharapkan juga cara penerapan proses pembelajaran berbasis budaya secara dini sehingga tetap terjaganya kelestarian budaya lokal terutama kain tenun.
Kata kunci : motif, kain tenun, Amanatun TTS, Matematika, Eksploras


Detail Information

Item Type
Penulis
Kae Ang Kasse - Personal Name
Student ID
1601140007
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 1
Femb - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kas E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA