Peran Ganda Istri Selama Suami Merantau Ke Papua (Studi Kasus Di Dusun Legu, Desa Legu Deru , Kecamatan Boawae,Kabupaten Nagekeo)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Ganda Istri Selama Suami Merantau Ke Papua (Studi Kasus Di Dusun Legu, Desa Legu Deru , Kecamatan Boawae,Kabupaten Nagekeo)

XML

Hal yang melatarbelakangi sehingga penulis mengambil judul ini karena berdasarkan pengelaman dan pengamatan pribadi, penulis menemukan adanya masalah yaitu adanya beban kerja yang tidak proporsional yang di alami oleh istri yng ditinggal suami merantau, yang dimana istri dituntut untuk melakukan dua pekerjaan sekaligus yaitu melakukan peran dan pekerjaan maskulin suami serta mengerjakan peran dan kerja domestik/feminim. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peran ganda yang terjadi terhadap istri selama ditinggal suami merantau ke Papua? (2) apakah akibat yang ditimbulkan dari beban ganda istri selama ditinggal suami merantau ke Papua?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis peran ganda yang terjadi terhadap istri selama ditinggal suami merantau ke papua, (2) mengetahui akibat yang ditimbulkan dari beban ganda istri selama ditinggal suami merantau ke Papua. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gender, teori peran dan teori struktur fungsional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan informan yang berjumlah 7 orang yaitu terdiri dari 5 orang tua, 2 orang remaja yang berusia 20 dan 23 tahun. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan informan serta studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah istri yang ditinggal suami merantau ke papua memiliki peran ganda dimana istri mengambil alih peran dan pekerjaan maskulin suami serta mengerjakan peran dan kerja domestik/feminim. Akibat dari beban ganda istri yang suaminya merantau ke papua yaitu istri merasa kewalahan dan kecapean karena keterbatasan tenaga hingga jatuh sakit. Hal ini disebabkan karena istri mengerjakan peran feminim dan maskulin ±10 jam dalam sehari. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa istri mengalami peran ganda dimana istri mengambil alih peran dan pekerjaan maskulin suami serta mengerjakan peran dan kerja domestik/feminim. Oleh karena peran ganda tersebut istri merasa kewalahan dan kecapean sehingga jatuh sakit. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan (1)kepada pemerintah Kabupaten Nagekeo di Kecamatan Boawae agar memperhatikan kondisi Desa Legu Deru khususnya Dusun Legu, terutama dalam segi ekonomi yaitu dengan memberikan pelatihan dan keterampilan yang baik dan tepat agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidup,(2)kepada istri yang suaminya merantau yang dimana harus menjalankan dua peran sekaligus agar bisa membagi waktu kerja dan juga memperhatikan kondisi fisik yang artinya tidak terlalu memaksakan diri untuk bekerja sehingga tidak jatuh sakit, dan (3)kepada suami yang merantau tetaplah menjalin komunikasi dengan keluarga didaerah asal agar keharmonisan dalam keluarga tetap terjaga.


Detail Information

Item Type
Penulis
waldetrudis yanti teda - Personal Name
Student ID
1603030059
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Penguji 1
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 TED P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA