Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas XI IPA SMAS Setiawan Nangaroro Tahun Ajaran 2020/2021

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas XI IPA SMAS Setiawan Nangaroro Tahun Ajaran 2020/2021

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Swasta Setiawan Nangaro pada materi sistem pernapasan manusia dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dari tanggal 18 Mei sampai 10 Juni 2021.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA SMAS Setiawan Nangaroro. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refeleksi. Tahap perencenaan peneliti menyiapkan perangkat pembelajaran silabus, lembar kerja siswa serta menyusun soal teks siklus dan menyiapkan lembar observasi, pada tahap pelaksanaan tindakan dilakukan kegiatan pembelajaran sesuai RPP berdasarkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw, observasi dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dan refleksi pada saat pembelajaran selesai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan test akhir setiap siklus. Dan dianalisis menggunakan data hasil tes dan data hasil observasi.
Hasil penelitian dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa pada tes akhir siklus hanya 53,33% dengan aktivitas siswa menunjukkan bahwa masih banyak yang berkriteria cukup dan hanya satu berkriteria baik. secara keseluruhan untuk semua aspek aktivitas siswa menunjukkan skor rata-rata 2,62 dengan kriteria baik dan aktivitas guru menunjukkan bahwa masih dua aspek yang berkriteria cukup. Secara keseluruhan aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran untuk semua aspek dari skor rata-rata 3,00 dengan berkriteria baik. Namun pada siklus II ketuntasan belajar siswa pada tes akhir siklus meningkat sebesar 93,33% dan terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dengan skor rata-rata untuk semua aspek 2,62 menjadi 3,62 yaitu dengan kriteria baik dan aktivitas siswa dari siklus I dengan skor rata-rata untuk semua aspek 3,00 menjadi 3,75 dengan kriteria yang sangat baik.


Detail Information

Item Type
Penulis
NANCIANA IMELDA BAI - Personal Name
Student ID
1701040116
Dosen Pembimbing
THOMAS LION - - Dosen Pembimbing 1
NIKMAH - 196410231990012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Thomas Lion - 195702101983031004 - Penguji 1
Nikmah - 196410231990012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Bai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA