Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Tentang Mengenal Manusia Purba Di Indonesia Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Poco Ranaka Tahun 2021/2022

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Tentang Mengenal Manusia Purba Di Indonesia Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Poco Ranaka Tahun 2021/2022

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah
Penerapan Metode Karya Wisata dalam pembelajaran sejarah kelas X di SMAN 5
Poco Ranaka?, (2) Apakah Penerapan Metode Karya Wisata dapat meningkatkan hasil
belajar sejarah kelas X di SMAN 5 Poco Ranaka?. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui : (1). Proses Penerapan Metode Karya Wisata dalam pembelajaran
sejarah kelas X di SMAN 5 Poco Ranaka, (2). Penerapan Metode Karya Wisata dapat
meningkatkan hasil belajar sejarah kelas X di SMAN 5 Poco Ranaka. Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil
belajar pada tiap akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
berupa tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester berjalan
SMAN 5 Poco Ranaka yang mengalami masalah dengan hasil belajarnya. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 5 Poco
Ranaka setelah diterapkannya metode pembelajaran Karya Wisata mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik
yang memenuhi syarat ketuntasan nilai KKM (75). Pada kelas X jumlah peserta didik
19 orang, yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebanyak 9 orang dengan
presentase 47,36%, peserta didik yang tidak mencapai KKM menurun yaitu berjumlah
10 orang dengan presentase 52,63%. Dengan nilai rata-rata kelas 71,05 dan ketuntasan
belajar peserta didik secara klasikal pada tes ahkir siklus I adalah 47,36%. Sedangkan
Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu, dari 19 peserta
didik semuanya memenuhi KKM (75) yang telah ditentukan oleh sekolah dengan
presentase 100%. Dengan nilai rata-rata kelas 85,26 dan ketuntasan belajar peserta
didik secara klasikal pada tes ahkir siklus II adalah 100%. Perbedaan hasil belajar
siswa siklus 1 dan siklus 2 adalah dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil pre test
mencapai 51,31 sedangkan pada siklus I menjadi 71,05 dan pada siklus II naik
menjadi 85,26. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 15,78%, pada siklus I
menjadi 47,36% dan pada siklus II naik menjadi 100%. Hasil siklus 1 dan 2 diatas
menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran karya wisata dalam pembelajaran
sejarah tentang mengenal manusia purba di Indonesia.

Kata kunci : Pembelajaran sejarah, Metode Pembelajaran Karya Wisata, Hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
IGNASIUS BERTI HADU - Personal Name
Student ID
1701090023
Dosen Pembimbing
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Ketua Penguji
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN SEJARAH
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
87.201 HAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA