Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Menenun Kelompok Tolfe'u Kecamatan Fatuleu Tengah dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

Detail Cantuman

Skripsi

Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Menenun Kelompok Tolfe'u Kecamatan Fatuleu Tengah dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

XML

Eksplorasi Etnomatematika pada Aktivitas Menenun Kelompok Tolfe’u Kecamatan Fatuleu Tengah dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika
Putri Apriani Marisa Kibana (1701030090); Pembimbing I. Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc.; Pembimbing II. Dra. Juliana M. H. Nenohai, M.Pd
Berbagai konsep matematika dipraktekan dalam aktivitas budaya sehari-hari. Salah satunya aktivitas budaya menenun kelompok Tolfe’u di kecamatan Fatuleu Tengah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan etnomatematika yang ada dalam aktivitas menenun kelompok Tolfe’u, kecamatan Fatuleu Tengah dan integrasinya dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang, dengan subjek penelitian yaitu 4 orang penenun kelompok Tolfe’u. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif dengan desain penelitian eksploratif. Peneliti sebagai instrumen utama berperan sendiri dalam menentukan informan, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber serta menganalisis menggunakan karakteristik etnomatematika kemudian membuat kesimpulan sebagai hasil akhir untuk dikembangkan dalam perangkat pembelajaran.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat etnomatematika dalam aktivitas menenun kelompok Tolfe’u. Pada aktivitas menghitung (counting) terdapat konsep bilangan dan basis bilangan (desimal), penjumlahan, perkalian dan satuan waktu, aktivitas mengukur (measuring) terdapat konsep satuan baku dan tidak baku, aktivitas membandingkan dan menjelaskan (explaining) terdapat konsep logika matematika implikasi, aktivitas merancang (desaigning) terdapat konsep geometri, transformasi geometri, pola bilangan, himpunan, dan bilangan polindromik. Dengan demikian berbagai konsep matematika dalam aktivitas menenun dapat menjadi referensi dalam pengembangan perangkat pembelajaran matematika di sekolah.
Kata Kunci : Budaya, Etnomatematika, Pembelajaran Matematika


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701030090
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr.Siprianus S. Garak, M.Sc - 196512311992031027 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Kib E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA