Penggunaan Model Pembelajaran Teams Gamestournament (Tgt) Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 3 Sikap Kepahlawanan Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SD GMIT Kaku’un Kabupaten Malaka (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Teams Gamestournament (Tgt) Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 3 Sikap Kepahlawanan Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SD GMIT Kaku’un Kabupaten Malaka (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Penelitian Ini Bertujuan untuk menemukan kendala yang dihadapi oleh siswa yang selama ini melakukan proses pembelajaran dengan metode konvensional. Selanjutnya, menerapkan model pembelajaran TGT sebagai solusi untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 3 Sikap Kepahlawanan Pembelajaran 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapannya adalah: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini diadakan di SDG Kaku’un dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 18 orang, yang tuntas 12 orang (66, 67%). Siswa dinyatakan tuntas karena memperhatikan saat guru menerangkan, tidak mengganggu teman dalam kelas, mau menyelesaikan LKPD yang guru berikan, mau melaporkan hasil diskusi di depan kelas. Sedangkan 6 orang tidak tuntas (33, 33%). Beberapa siswa yang tidak tuntas karena suka bermain dalam kelas, tidak memperhatikan guru saat pelajaran berlangsung. Dari aspek guru, bagi siswa yang belum tuntas ini karena tidak melakukan bimbingan secara individual dalam menyelesaikan LKPD. Kemudian Peneliti melanjutkan siklus kedua untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada siklus I Selanjutnya, Pelaksanaan siklus II dari 18 orang, yang tuntas 16 orang (88, 89%). Pada siklus tersebut presentasi ketuntasan siswa mengalami peningkatan, karena siswa yang tidak tuntas 2 orang (11,11%). Peningkatan terjadi karena Guru melakukan bimbingan secara individu terhadap setiap siswa dalam menyelesaikan LKPD. Siswapun sangat antusias memperhatikan Penjelasan guru tentang penggunaan media pembelajaran dengan baik. Sehingga Penelitian dihentikan pada siklus II Karna Telah Berhasil Mencapai Target Tetapi dengan Memperhatikan Keterampilan Guru Dan Peningkatan aktivitas Siswa Tetap Maksimal. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran terpadu Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran Tentang Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 3 Sikap Kepahlawanan Pembelajaran 1 di kelas IV SD GMIT Kaku’un. Saran peneliti adalah hendaknya menerapkan model terpadu Teams Games Tournament sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

KATA KUNCI: Teams Games Tournament, Keterampialan Guru, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Ester Norlita Tae - Personal Name
Student ID
1701140088
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tae P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA