Penggunaan Metode Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Energi Di Kelas Iv SD Negeri Hansisi Kecamatan Semau Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Metode Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Energi Di Kelas Iv SD Negeri Hansisi Kecamatan Semau Kabupaten Kupang

XML

Skripsi oleh Novita Haltin Raimin Habel PGSD 2021 dengan judul “Penggunaan Metode Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Energi Di Kelas IV SD Negeri Hansisi Kecamatan Semau Kabupaten Kupang. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana Penggunaan Metode Inquiri Dalam Pembelajaran Tentang Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD Negeri Hansisi Kecamatan Semau Kabupaten Kupang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran tentang sumber energi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Hansisi Kecamatan Semau Kabupaten Kupang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas IV berjumlah 16 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 62,94 meningkat menjadi 98,75 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 35,81. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 56% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 44%. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 62,94 menjadi 86,38 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 23,43, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran tentang tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energy pembelajaran ke-I dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Hansisi.

Kata Kunci: Metode Inquiri, Sumber Energi, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140164
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 HAB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA