Penggunaan Model Pembelajaran Cycle Learning Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Inpres Nitneo

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Cycle Learning Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Inpres Nitneo

XML

Tujuannya untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran cycle learning terhadap pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nitneo. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni Teknik Observasi, Teknik Tes dan Studi Dokumentasi dan teknik analisis data yakni instrument tes hasil belajar yaitu soal Pretest, posttest dan lembar observasi. Indikator keberhasilannya 100% siswa tuntas dengan KKM ditentukan yaitu 70. Dengan subyek penelitian berjumlah 34 orang dengan rincian siswa laki-laki 14 orang dan siswa perempuan 20 orang.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Nitneo kabupaten Kupang, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran tentang interaksi manusia dengan lingkungan hanya terdapat 1 dari 34 siswa (2,94%) siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian perlu upaya perbaikan secara komprehensif yakni dengan melibatkan siswa aktif dengan menggunakan model pembelajaran Cycle learning dalam pembelajaran. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 18 dari 34 siswa tuntas dengan nilai (52,94%), karena siswa memusatkan perhatian pada penjelasan guru,terlibat aktif dalam kelas,selalu mengerjakan tugas dan tertib pada proses belajar mengajar selama pembelajaran berlangsung. Sedangkan 16 dari 34 siswa dengan nilai (47,05%) belum mencapai standar ketuntasan karena siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak terlibat aktif dalam berdiskusi, kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan kurang aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, serta kurang paham penjelasan guru. selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni 34 siswa tuntas dengan presentase nilai (87.5%) karena siswa selalu memusatkan perhatian selama proses pembelajaran berlangsung, terlibat aktif dalam kelas, dan lebih percaya diri pada saat berdiskusi dan menyampaikan pendapat dalam diskusi. Sedangkan untuk observasi kieaktifan siswa pada siklus I rata-rata keaktifan siswa mencapai 63,67 dengan kriteria C meningkat pada siklus II dengan rata-rata 75,44 dengan kriteria A.
Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran Cycle learning dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nitneo, Kabupaten Kupang sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan sekolah.


Detail Information

Item Type
Penulis
ERIN OLSENIA PERING ULLU - Personal Name
Student ID
1601140059
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ULL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA