Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang Pada Masa Pandemi COVID-19

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang Pada Masa Pandemi COVID-19

XML

Musibah Pandemi Covid-19 yang menyerang membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mengubah kebiasaan persekolahan yang ada di indonesia yang sebelumnya menganut sistem tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring. Perubahan proses pembelajaran yang dilakukan secara tiba-tiba ini tentunya mempengaruhi efektivitas pembelajaran dan pada proses berjalannya sistem pembelajaran daring ini ada kendala-kendala yang dialami. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang Pada Masa Pandemi COVID-19 dan mengetahui kendala dalam pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang Pada Masa Pandemi COVID-19.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik penggumpulan data menggunakan angket dalam bentuk google form. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang berjumlah 181 orang yang tersebar di dalam 6 kelas. Sampel pada penelitian ini berjumlah 35 siswa. Sampel uji coba pada penelitian ini berjumlah 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan jawaban responden dan uji t satu sampel untuk menguji nilai rata-rata efektivitas sampel tunggal dengan nilai acuan, namun sebelum melakukan uji t satu sampel harus melakukan uji normalitas terlebih dahulu untuk mengetahuhi data berdistribusi normal atau tidak.
Dari hasil penelitian pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang pada masa pandemi covid-19 efektif dan nilai efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika lebih besar dari 65. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa t hitung sebesar 16,295 > t tabel sebesar 1,6909, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat dilihat bahwa aspek yang paling mendukung keefektivitasan ini adalah aspek motivasi dan aspek minat. Kendala yang paling sering dialami adalah jaringan internet yang susah atau kadang terganggu.
Kata Kunci: COVID-19, Efektivitas, Matematika, Pembelajaran Daring


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1501030047
Dosen Pembimbing
Penguji
Dominikus Saka Kerans - 195708051986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Bol E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA