Penggunaan Media Puzzle Pada Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Mnelalete Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media Puzzle Pada Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Mnelalete Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Latar belakang Penelitian ini dilakukan karena para siswa kelas III SD Inpres Mnelalete dibelajarkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran tetapi guru membelajarkan para siswa dengan metode ceramah, sehingga sebagian besar siswa terlihat jenuh, tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika saat itu sehingga setelah dilakukan tes pada akhir pembelajaran sebagian besar siswa yang tidak tuntas atau tidak mecapai nilai KKM. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan media puzzle pada materi pecahan sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mnelalete ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mnelalete pada materi pecahan sederhana melalui penggunaan media puzzle.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 25 orang dan peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 54,8 meningkat menjadi 76 pada siklus II, dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II 21,2. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 40% meningkat menjadi 88% pada siklus II, dengan peningkatan presentase 48%. Aktivitas siswa pada siklus I 64,31 menjadi 82,39 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 18,08, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dalam materi pecahan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Inpres Mnelalete.

Kata Kunci: Media Puzzle, Pecahan Sederhana, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Diana Grazelita Siokh - Personal Name
Student ID
1701140210
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 SIO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA