POLA KOMUNIKASI WARGA PENERIMA PROGRAM PKH DAN PEMERINTAH (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Bakunase II Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

POLA KOMUNIKASI WARGA PENERIMA PROGRAM PKH DAN PEMERINTAH (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Bakunase II Kota Kupang)

XML

Agnes F.M Sioh (1703050003). Pola Komunikasi Warga Penerima Program PKH Dan Pemerintah (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Bakunase II Kota Kupang). Dibimbing oleh Yohanes K.N.Liliweri, S.Sn, M.Sn dan I. Gusti A.R. Pietriani, S.Sos, M.I.Kom. Terdiri dari 169 halaman, 12 Referensi Buku, 4 Karya Ilmiah, 6 Situs Internet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi warga penerima program PKH dan pemerintah yang sedang berlangsung di Kelurahan Bakunase II. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Administrasi, dengan mengunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode Studi Kasus. Hasil Penelitian menunjukan bahwapola komunikasi yang berlangsung disana antara penyalur dalam hal ini pendamping bersama ketua pengurus KUBE dan masyarakat sebagai penerima bantuan PKH adalah pola komunikasi roda dan pola komunikasi rantai. Pada pola roda memiliki ciri-ciri pemimpin yang jelas dan posisinya berada di pusat. Keadaan terpusat yang terjadi disiniyaitu pendamping merupakan satu-satunya yang dapat mengirim dan menerima pesan dari dan ke semua anggota. Sedangkan pola komunikasi rantai berlangsung ketika orang yang berada di posisi tengah lebih berperan sebagai pemimpin daripada mereka yang berada di posisi lain. Pembagian informasi mengenai bantuan PKH yang bersumber dari pendamping melalui media (telepon,sms, dan WhatsApp Grup)dikirim kepada ketua kelompok dan ketua kelompokakan meneruskan pesan kepada masyarakat penerima bantuan PKH.Hasil dari pemberian informasi ini membuat para KPM ada yang langsung mengecek dan ada juga yang tidak mengecek atau memeriksanya; meskipun sudah langsung pergi memeriksa, mereka tidak langsung mendapat bantuan tersebut karena bantuan itu bertahap, sehingga hal tersebut membuat para KPM harus pergi mengecek secara berulang kali. Hal ini membuat banyak para KPM yang mengeluh kepada pendamping mengenai informasi yang tidak jelas atau tidak pasti tersebut. Dari keluhan inilah yang kemudian pendamping akan menyampaikannya ke Dinas Sosial dan Kementerian Sosial.

Kata kunci : Pola Komunikasi, Program Keluarga Harapan(PKH), Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kios Untuk Bersama (KUBE).


Detail Information

Item Type
Penulis
Agnes Feli Melani Sioh - Personal Name
Student ID
1703050003
Dosen Pembimbing
Yohanes K.N Liliweri,S.Sn,M.Sn - 198104132008121003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Drs. Lukas Lebi Daga,M.Si - 195911121987021001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Sio P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA