Skripsi
Strategi Komunikasi Persuasif pada Program Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020 (Studi Kasus pada Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur)
XMLPenelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi persuasif dan bentuk-bentuk komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam penelitian ini, untuk mencari tahu strategi komunikasi persuasif maka dikaji menggunakan teori Strategi Komunikasi Persuasif Melvin L. De Fleur dan Sandra J.Ball-Rokeach yang terdiri dari tiga strategi yaitu strategi Psikodinamika, Sosiokultural, dan Konstruksi Makna (Meaning Construction). Sedangkan untuk mencari tahu bentuk-bentuk komunikasi persuasif maka dikaji menggunakan metode komunikasi persuasif Influence Behavior Questionnaire (IBQ) yang dikembangkan Gary A. Yukl. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi persuasif yang dilakukan Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur kepada masyarakat mengenai program Sensus Penduduk Online 2020 terdiri dari branding sensus penduduk 2020, kerja sama dengan berbagai pihak, memaksimalkan penggunaan media, isi pesan dan konten yang baik dan menarik, dan penentuan komunikator yang tepat. Selanjutnya, bentuk-bentuk komunikasi persuasif yang dilakukan Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur mengenai program Sensus Penduduk Online 2020 terdiri dari beberapa bentuk yaitu sosialisasi secara langsung dengan publikasi melalui media cetak, media elektronik dan media sosial.
Kata kunci: Strategi, Bentuk-bentuk, Komunikasi Persuasif, Sosialisasi, Program Sensus Penduduk Online 2020
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Ruth Junita Lasmaria - Personal Name
|
Student ID |
1703050186
|
Dosen Pembimbing |
LUKAS LEBI DAGA - 195911121987021001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Ketua Penguji
I Gusti A.R. Pietriani - - Penguji 1 Silvania S.E Mandaru - 19840106 201404 2 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 Las S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |