Strategi Komunikasi Persuasif pada Program Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020 (Studi Kasus pada Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Komunikasi Persuasif pada Program Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020 (Studi Kasus pada Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur)

XML

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi persuasif dan bentuk-bentuk komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam penelitian ini, untuk mencari tahu strategi komunikasi persuasif maka dikaji menggunakan teori Strategi Komunikasi Persuasif Melvin L. De Fleur dan Sandra J.Ball-Rokeach yang terdiri dari tiga strategi yaitu strategi Psikodinamika, Sosiokultural, dan Konstruksi Makna (Meaning Construction). Sedangkan untuk mencari tahu bentuk-bentuk komunikasi persuasif maka dikaji menggunakan metode komunikasi persuasif Influence Behavior Questionnaire (IBQ) yang dikembangkan Gary A. Yukl. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi persuasif yang dilakukan Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur kepada masyarakat mengenai program Sensus Penduduk Online 2020 terdiri dari branding sensus penduduk 2020, kerja sama dengan berbagai pihak, memaksimalkan penggunaan media, isi pesan dan konten yang baik dan menarik, dan penentuan komunikator yang tepat. Selanjutnya, bentuk-bentuk komunikasi persuasif yang dilakukan Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur mengenai program Sensus Penduduk Online 2020 terdiri dari beberapa bentuk yaitu sosialisasi secara langsung dengan publikasi melalui media cetak, media elektronik dan media sosial.

Kata kunci: Strategi, Bentuk-bentuk, Komunikasi Persuasif, Sosialisasi, Program Sensus Penduduk Online 2020


Detail Information

Item Type
Penulis
Ruth Junita Lasmaria - Personal Name
Student ID
1703050186
Dosen Pembimbing
LUKAS LEBI DAGA - 195911121987021001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Ketua Penguji
I Gusti A.R. Pietriani - - Penguji 1
Silvania S.E Mandaru - 19840106 201404 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Las S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA