PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN DI KELAS V SD NEGERI FATUKOTO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN DI KELAS V SD NEGERI FATUKOTO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Skripsi oleh Detrisa Sunbanu (1701140126), Berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Hak Dan Kewajiban Di Kelas V SD Negeri Fatukoto. Rumusan masalah adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa tentang hak dan kewajiban di kelas V SD Negeri Fatukoto?. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang hak dan kewajiban di kelas V SD Negeri Fatukoto Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi-eksperiment). Rancangan penelitian adalah non-equivalen post-test-only control group design. Sampel yang diambil dikelompokkan menjadi dua yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Instrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda berupa post-test yang berjumlah 10 soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD diperoleh rata-rata 93,00 dan kelompok yang diajar dengan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 64,00. Dari hasil uji normalitas memperoleh sig.(2-tailed)>0,05 yaitu 0,632>0,05(kelompok kontrol) dan 0,632>0,05(kelompok eksperimen). Uji homogenitas sig.(2-tailed)>0,05 yaitu
0,122>0,05. Uji hipotesis diperoleh sig.(2-tailed)<0,05 yaitu 0,003<0,05 maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui model STAD di SD Negeri Fatukoto.

Kata Kunci : Model STAD, Hak Dan Kewajiban, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
DETRISA MADIANI SUNBANU - Personal Name
Student ID
1701140126
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sun P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA