Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di UPT Puskesmas Oesapa Kota Kupang Tahun 2020

Detail Cantuman

Skripsi

Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di UPT Puskesmas Oesapa Kota Kupang Tahun 2020

XML

Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Tugas dan tanggung jawab ini dilakukan sepenuhnya oleh petugas yang mesnyajikan layanan jasa kefarmasian. Pelayanan yang disajikan secara paripurna akan memberikan kepuasan kepada pelanggan, sebaliknya jika layanan yang diberikan kurang profesional maka akan menyebabkan pelanggan merasa tidak puas. Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan diukur dari lima indikator yakni kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan penampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuikepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Oesapa Kota Kupang Tahun 2020, metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23.960 pasien. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 pasien. Penentuan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Teknik pengolahan data dilakukan melalui scoring dan tabulating. Scoring berupaangka pada jawaban pertanyaan. Jawaban sangat puas mendapat skor 5 = 81-100%. Jawaban puas mendapat skor 4= 61-80%. Jawaban cukup puas mendapat skor 3=41-60%. Jawaban kurang puas mendapat skor 2=21-40%. Jawaban tidak puas mendapat skor 1=0-20%. Tabulating data dilakukan menggunakan rumus tingkat kepuasan yaitu skor perolehan dibagi skor maksimal dikali seratus persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien pada dimensi kehandalan (71,7%) artinya klasifikasi kepuasan pasien pada dimensi kehandalan puas, dimensi ketanggapan (72,5%) artinya klasifikasi kepuasan pasien pada dimensi ketanggapan puas, dimensi jaminan (87,9%) artinya klasifikasi kepuasan pasien pada dimensi jaminan sangat puas, dimensi empati (76,7%) artinya klasifikasi kepuasan pasien pada dimensi empati puas, dimensi penampilan (77,2%) artinya klasifikasi kepuasan pasien pada dimensi penampilan puas. Simpulannya persentase rata-rata pelayanan yang tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Oesapa Kota Kupang Tahun 2020 pasien merasa puas terhadap pelayanan.

Pustaka : 27 (2000-2019)
Kata Kunci : Kepuasan pasien, Rawat jalan, Kefarmasian.


Detail Information

Item Type
Penulis
KAROLINA LAWAN - Personal Name
Student ID
1627010023
Dosen Pembimbing
PETRUS ROMEO - 196905171994031002 - Dosen Pembimbing 1
RINA WATY SIRAIT - 198008202005012002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Romeo - 196905171994031002 - Ketua Penguji
Ribka Limbu - 197410022003122001 - Penguji 1
Rina Waty Sirait - 198008202005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 LAW T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA