Hubungan Tingkat Stres Dengan Perilaku Aggressive Driving Pada Pengemudi Ojek Online Di Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Tingkat Stres Dengan Perilaku Aggressive Driving Pada Pengemudi Ojek Online Di Kota Kupang

XML

Latar belakang: Menurut data WHO pada tahun 2018 sekitar 1,3 juta orang di dunia meninggal setiap tahun akibat kecelakaan lalu lintas. Aggressive driving merupakan penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, dimana sikap pengemudi yang agresif dapat ditemukan pada pengemudi ojek online. Tekanan akan pekerjaan, konflik antar pekerja, lingkungan fisik pekerjaan, dan tuntutan dari keluarga dapat menimbulkan stres pada pengemudi ojek online sehingga dapat menyebabkan terjadinya perilaku mengemudi agresif pada pengemudi ojek online.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan perilaku aggressive driving pada pengemudi ojek online di Kota Kupang.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner The Depression Anxiety Stres Scale (DASS 42) dan Aggressive Driving Behavior Scale (ADBS) pada pengemudi ojek online di kota Kupang. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearmen’s.
Hasil: Dari penelitian ini ditemukan bahwa dari 100 responden. Terdapat 3% responden dengan tingkat stres berat, 7% dengan tingkat stres sedang, 9% dengan tingkat stres ringan dan 81% dengan tingkat stres normal. Selain itu didapatkan hasil bahwa terdapat 66% responden mempunyai perilaku aggressive driving rendah dan 34% responden sisanya mempunyai perilaku aggressive driving tinggi. Hasil uji bivariat pada penelitian ini diperoleh hasil p=0,011 (p<0,05).
Kesimpulan: Pada penelitian ini didapatkan sebagian besar pengemudi ojek online di Kota Kupang berperilaku aggressive driving rendah karena memiliki tingkat stres yang normal.
Kata kunci: kecelakaan lalu lintas, aggressive driving, tingkat stres.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1808010041
Dosen Pembimbing
Kartini Lidia - 198004212008012024 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kristian Ratu - 197904282008121002 - Ketua Penguji
KARTINI LIDIA - 198004212008012024 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kedokteran
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Sam H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA