Skripsi
Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas Xii Ips Di Sma Negeri I Fatuleu Tahun Ajaran 2019/2020
XMLTujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, jenis data yang diperoleh adalah jenis data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung yang dinyatakan dalam bentuk angka, sumber data yang digunakan adalah data primer dengan menggynakan daftar pertanyaan (Kuesioner) dengan tingkat signifikasi 5%. Terdapat 91 sampel dalam penelitian ini dan diolah menggunakan SPSS 24.0 dan dianalisis menggunakan model regresi dengan empat uji yaitu: 1). Analisis Regresi Linear Sederhana, 2). Uji T, 3). Uji Hipotesis, 4). Koefisien Determinasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel Pemanfaatan Sumber Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung11,262 lebih besar dari ttabel 1,986 . Hal ini menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak. Besarnya pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 58,3%. Dengan demikian pemanfaatan sumber belajar merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Kata Kunci: Sumber Belajar dan Prestasi Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
REFMON YOSAFAT ABOLANUHA - Personal Name
|
Student ID |
1701080024
|
Dosen Pembimbing |
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 1
ASNAT C. BANI BILI - 188408142019032008 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
ASNAT C BANI BILI - 198408142019032008 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 ABO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |