Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Oleh Guru PPkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
XMLMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning oleh guru PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara guru PPKn menerapkan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang artinya hasil penelitian bertujuan memberikan gambaran yang jelas, Mengenai fenomena atau kenyataan sosial yang berkenaan dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning oleh guru PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada saat observasi awal pada saat guru menggunakan model pembelajaran yang konvensional hasil belajar siswa belum begitu memuaskan karena masih banyak siswa yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada observasi yang kedua hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan setelah guru menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran discovery learning guru mengikuti sintaks atau langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dengan baik, sehingga siswa antusias mengikuti pelajaran. Model pembelajaran discovery learning membuat peserta didik untuk menemukan sendiri konsep dan gagasan dalam pembelajaran. Model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan sebagai suatu alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran PPKn, karena model ini mengutamakan proses penemuan untuk memperoleh tahapan untuk melatih kemampuan siswa baik dalam ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik.
Guru dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning sesuai dengan sintaksnya sehingga proses pembelajaran di dalam kelas berjalan dengan baik dimana siswa aktif mengikuti pelajaran, sehingga penguasaan siswa terhadap materi pelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes yang diberikan oleh guru. Dengan model pembelajaran discovery learning pembelajaran PPKn di kelas lebih menyenangkan
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Nyai Saniwati - Personal Name
|
Student ID |
1701070090
|
Dosen Pembimbing |
SEMUEL SABAT - 195605151985031003 - Dosen Pembimbing 1
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 San P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |