Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Oleh Guru PPkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Oleh Guru PPkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning oleh guru PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara guru PPKn menerapkan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang artinya hasil penelitian bertujuan memberikan gambaran yang jelas, Mengenai fenomena atau kenyataan sosial yang berkenaan dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning oleh guru PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada saat observasi awal pada saat guru menggunakan model pembelajaran yang konvensional hasil belajar siswa belum begitu memuaskan karena masih banyak siswa yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada observasi yang kedua hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan setelah guru menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran discovery learning guru mengikuti sintaks atau langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dengan baik, sehingga siswa antusias mengikuti pelajaran. Model pembelajaran discovery learning membuat peserta didik untuk menemukan sendiri konsep dan gagasan dalam pembelajaran. Model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan sebagai suatu alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran PPKn, karena model ini mengutamakan proses penemuan untuk memperoleh tahapan untuk melatih kemampuan siswa baik dalam ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik.
Guru dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning sesuai dengan sintaksnya sehingga proses pembelajaran di dalam kelas berjalan dengan baik dimana siswa aktif mengikuti pelajaran, sehingga penguasaan siswa terhadap materi pelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes yang diberikan oleh guru. Dengan model pembelajaran discovery learning pembelajaran PPKn di kelas lebih menyenangkan


Detail Information

Item Type
Penulis
Nyai Saniwati - Personal Name
Student ID
1701070090
Dosen Pembimbing
SEMUEL SABAT - 195605151985031003 - Dosen Pembimbing 1
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 San P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA