Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Organ Gerak Manusia Siswa Kelas V Sdk Fulur Ii Kabupaten Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Organ Gerak Manusia Siswa Kelas V Sdk Fulur Ii Kabupaten Belu

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya
pengaruh yang signifikan antara model inkuiri terhadap hasil belajar IPA materi organ
gerak manusia di kelas SDK Fulur II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif preeksperimen

dengan menggunakan rancangan one-group pretest-posttest. Instrumen
dalam penelitian ini menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogemitas, dan uji hipotesis.
Lokasi penelitian ini adalah SDK Fulur II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V
berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 5 siswi perempuan dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Desain penelitian One group pretest posttest desain
adalah sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu responden diberikan pretest (tes
awal) dan diakhir pembelajaran responden diberikan posttest (tes akhir). Hasil
perhitungan uji validitas soal menunjukan nilai produk moment rhitung untuk masingmasing

pertanyaan lebih besar dari rtabel (0,514) sebanyak 20 butir soal dan semuanya
dlinyatakan valid. Hasil perhitungan reliabilitas tes hasil belajar dengan 20 butir soal
dengan rumus Kuder Ricardon (KR.20) adalah reliabel. Dari hasil perhitungan indeks
reliabilitas dapat diketahui bahwa r11 = 0,92 > rtabel 0,514, sehingga instrumen penelitian
dinyatakan “reliabel”. Berdasarkan analisis statistik, data hasil perhitungan uji normalitas
data pretest = 6,850<11,07. Sedangkan pada Posttest diperoleh 5,015<11,07 diketahui
bahwa data pretest, posttest dan hasil belajar pada siswa kelas V memiliki nilai x
2
hitung
yang lebih kecil dari x
2
tabel. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan menggunakan
Microsoft Excel diperoleh F sebesar 1,899<2,484. Maka, dapat disimpulkan bahwa kedua
data dinyatakan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan t-test
diperoleh harga thitung 8,124. Sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df
yaitu 2,144. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa Ha yang berbunyi metode pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa kelas V materi organ gerak manusia di SDK Fulur II Kabupaten Belu dinyatakan
diterima.
Kata kunci: Model Inkuiri, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
MATRONA KOLO - Personal Name
Student ID
1701140036
Dosen Pembimbing
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
English
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA