Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Energi Alternatif Kelas IV SD Negeri Bimous Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Energi Alternatif Kelas IV SD Negeri Bimous Kabupaten Kupang

XML

Masalah dalam Penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh signifikan model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA materi energi alternatif kelas IV SD Negeri Bimous Kabupaten Kupang. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu preexperimental designs (nondesigns) secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group prettes-posttes design. Dalam penelitian ini hasil perlakuan (treatment) akan dibandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan (treatment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bimous yang berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen pengukuran hasil belajar berupa test pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Reliabilitas tes menunjukan nilai alpha cronbach’s sebesar 0.860 sehingga layak untuk digunakan. Analisis data dilakukan melalui tahapan (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian, yang dilakukan dengan teknik analisis statistic paired samples test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum siswa diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Ini berarti bahwa model mind mapping ternyata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi energi alternatif kelas IV SD Negeri Bimous. Hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil perhitungan uji-t memiliki nilai t test sebesar 15.422 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan d.b. (derajat kebebasan) 25 adalah 2.060. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata hasil belajar pada saat pretest dan posttest, saat pretest nilai rata-rata (mean) sebesar 45.35 kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata (mean) menjadi 79.85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata peningkatan adalah 34.5. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikansi pada uji t lebih kecil dari 0.05 yaitu 0,000. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA materi energi alternatif kelas IV SD Negeri Bimous Kabupaten Kupang. Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar, Energi alternatif


Detail Information

Item Type
Penulis
Isabela Mariance Ollo - Personal Name
Student ID
1701140093
Dosen Pembimbing
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Oll P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA