Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Tentang Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran Ke-1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDI Fohokiik

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Tentang Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran Ke-1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDI Fohokiik

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDI Fohokiik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 13 siswa Laki-laki dan 11 siswa Perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SDI Fohokiik Kecamatan Malaka Timur Kabupaten Malaka. Dengan Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 24 siswa yang tuntas pada siklus I terdapat 17 siswa (71%) karena berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru, aktif memberikan pertanyaan, aktif menjawab pertanyaan serta turut mengambil kesimpulan seusai kegiatan pembelajaran. Sedangkan yang tidak tuntas 7 orang siswa (29%) karena guru kurang memberi penjelasan yang lebih detail, guru kurang membantu siswa dalam menyelesaikan lembar kerja siswa, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan serta tidak konsentrasi dalam pembelajaran. Selanjutnya siklus II dari 24 siswa semuanya mengalami peningkatan hasil belajar (100%) karena guru dan siswa sama-sama bekerja sama dalam pembelajaran, siswa yang tidak tuntas mulai aktif dalam pembelajaran, memberikan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan serta konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu persentase peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 29%.
Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan model pembelajaran snowball throwing dalam pembelajaran tentang tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi pembelajaran ke-1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDI.Fohokiik.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Berhemat Energi, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Kanisius Ukat - Personal Name
Student ID
1701140085
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 UKA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA