Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Sifat-sifat Cahaya dan Keterkaitannya dengan Indra Penglihatan di Kelas IV SD Negeri Hueknutu Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Sifat-sifat Cahaya dan Keterkaitannya dengan Indra Penglihatan di Kelas IV SD Negeri Hueknutu Kabupaten Kupang

XML

Skripsi oleh Andre Gebri Efendi Perawin. PGSD. 2021 dengan judul “pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan di kelas IV SD Negeri Hueknutu Kabupaten Kupang”. Rumusan masalah penelitian ini adalah: apakah penerapan metode demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan di kelas IV SD Negeri Hueknutu Kabupaten Kupang? Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh pada media animasi terhadap hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan di kelas IV SD Negeri Hueknutu Kabupaten Kupang.
Instrumen pengukuran hasil belajar berupa test pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Sebelum digunakan, instrument divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas tes menunjukan nilai alpha cronbach’s sebesar 0.892 sehingga layak untuk digunakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu pre- experimental designs (nondesigns) secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group prettes-posttes design. Subjek penelitian berjumlah berjumlah 23 orang. Terdiri dari satu kelas eksperimen, siswa kelas IV SD Negeri Hueknutu Kabupaten Kupang, tahun angkatan 2021/2022. Analisis data dilakukan melalui tahapan (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian, yang dilakukan dengan teknik analisis statistic paired samples test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum siswa diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Ini berarti bahwa media animasi ternyata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas IV SD Negeri Hueknutu Kabupaten Kupang. Hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil perhitungan uji-t memiliki nilai t test sebesar 17 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan d.b. (derajat kebebasan) 22 adalah 1.717. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata hasil belajar pada saat pretest dan posttest, saat pretest nilai rata-rata (mean) sebesar 56.74 kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata (mean) menjadi 75.43. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata peningkatan adalah 18.69. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikansi pada uji t lebih kecil dari 0.05 yaitu 0,000. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan di kelas IV SD Negeri Hueknutu Kabupaten Kupang.

Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar,sifat-sifat Cahaya dan Keterkaitannya dengan Indra Penglihatan


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601140015
Dosen Pembimbing
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 PER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA