Hubungan Learning Approach Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Learning Approach Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang

XML

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan learning approach dengan prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan cross-sectional yang dilakukan pada mahasiswa prodi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Proportionate Stratified Random Sampling. Data diperoleh dengan melakukan pengisian kuesioner Revised Study Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ2F) oleh 160 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil analisis bivariat dilakukan uji statistik coefficient contingency.
Hasil: Data 160 responden menunjukan mahasiswa yang menggunakan learning approach tipe deep approach sebanyak 139 (86,9%) orang, tipe surface approach sebanyak 21 (13,1%) orang. Untuk prestasi belajar mahasiswa yang mendapat indeks prestasi kumulatif kategori dengan pujian berjumlah 121 (75,6%) orang, kategori sangat memuaskan berjumlah 39 (24,4%) orang, sedangkan tidak terdapat mahasiswa yang mendapat indeks prestasi kumulatif dengan kategori memuaskan. Hasil uji analisis bivariat pada penelitian ini diperoleh nilai p=0,631 dan nilai r=0,038.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara learning approach dengan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang.


Kata Kunci: Pendekatan belajar, prestasi belajar, kuesioner, cross sectional


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1808010018
Dosen Pembimbing
I MADE ARTAWAN - 198005202009121004 - Dosen Pembimbing 1
RAHEL RARA WODA - 8850523419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I Made Artawan - 198005202009121004 - Ketua Penguji
Rahel Rara Woda - 8850523419 - Penguji 1
Desi Indria Rini - 19800130200801201 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Nea H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA