PENGARUH KEBIASAAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL PKN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI OEBOBO 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH KEBIASAAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL PKN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI OEBOBO 2 KUPANG

XML

PENGARUH KETERAMPILAN KEBIASAAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI OEBOBO 2 KUPANG
Oleh :
Herlina F. Seran
Penelitian ini membahas tentang pengaruh kebiasaan dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V SD Negeri Oebobo 2 Kupang. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V SD Negeri Oebobo 2 Kupang, adanya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V SD Negeri Oebobo 2 Kupang, dan adanya pengaruh variasi kebiasaan dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V SD Negeri Oebobo 2 Kupang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Oebobo 2 yang berjumlah 51 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda.. Instrumen angket sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 4,339 > 2,011 dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 3,373 > 2,011. Serta adanya pengaruh secara kebiasaan dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar PKN siswa yang dibuktikan dengan f hitung > f tabel yaitu 69,210 > 3,187. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V SD Negeri Oebobo 2 Kupang.

Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
HERLINA FENERIA SERAN - Personal Name
Student ID
1601140205
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ser P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA