PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH TENTANG CARA BERPIKIR SEJARAH DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SELF LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ALOR BARAT DAYA

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH TENTANG CARA BERPIKIR SEJARAH DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SELF LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ALOR BARAT DAYA

XML

Penulis skripsi, Panuel Pehdopong. Nim: 1701090087.dengan dosen Pembimbing I
Dr. Malkisedek Taneo, M.Si dan dosen pembimbing II Susilo S Utomo, S.Pd, M.Pd.
Judul skirpsi, Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Tentang Cara Berpikir Sejarah
Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Self Learning Pada Siswa Kelas X Sma
Negeri 1 Alor Barat Daya Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
penerapan model pembelajaran Self Learing untuk meningkatkan hasil belajar
sejarah tentang cara berpikir sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Alor Barat
Daya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah
tentang cara berpikir sejarah dengan menerapkan model pembelajaran Self Learning
pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Alor Barat Daya. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah tentang cara berpikir sejarah dengan
menerapkan model pembelajaran Self Learning pada siswa kelas X di SMAN 1 Alor
Barat Daya. metode self learning merupakan salah satu alternatif jawaban terhadap
kesulitan peserta didik dalam memahami pembelajaran sejarah, untuk meningkatkan
hasil belajar siswa,karena model pembelajaran Self Learning memiliki kemampuan
dalam memecahkan masalah yang akan dihadapi, adalah kemampuan yang
mendorong siswa untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah
dipelajarinya untuk memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran sejarah pada
materi kelas X SMAN 1 alor barat daya. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan
prestasi belajar sejarah dari siswa kelas X Ips 1 SMAN 1 alor barat daya yang
nilainya mencapai KKM berjumlah 18 orang dengan persentase (72%).sedangkan
siswa yang memperoleh nilai dibawa KKM berjumlah 7 orang (28%).dengan total
skor (1767).dan nilai rata-ratanya (78.68). Kemudian meningkat pada siklus 2.
Prestasi belajar sejarah pada siklus II. dari siswa kelas X Ips 1 SMAN 1 Alor Barat
Daya yang nilainya mencapai KKM berjumlah 23 peserta didik dengan persentase
(92%) kemudian Siswa yang memperoleh nilai dibawa KKM 2 peserta didik dengan
persentase (8%). dengan total skor (20.49) dan nilai rata-ratanya (81.96). Dari data
tersebut menunjukan bahwa prestasi belajar sejarah siswa kelas X Ips 1 SMAN 1
Alor Barat Daya pada siklus II ini sudah mencapai sangat baik dikarenakan sudah
sesuai dengan Indikator keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu (90%). Hal ini
berbeda dengan rentang skor dan presentase yang terjadi pada siklus I yaitu peserta
didik yang mencapai KKM hanya 18 orang dengan presentase (72%) dari jumlah 25
orang peserta didik pada kelas X Ips 1 SMAN 1 Alor Barat Daya.


Detail Information

Item Type
Penulis
PANUEL PEHDOPONG - Personal Name
Student ID
1701090087
Dosen Pembimbing
Melkisedek Taneo - 19670403 199403 1 003 - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
pendidikan sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 PEH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA