Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG PENGARUH PERADABAN INDIA MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS X DI SMAN 3 ATAMBUA
XMLTujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengaruh peradaban India dengan menerapkan metode sosiodrama pada siswa kelas X SMAN 3 Atambua. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya guru menggunakan variasi metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar mata pelajaran sejarah. Guru di SMAN 3 Atambua lebih sering menggunakan dua metode saat mengajar mata pelajaran sejarah yaitu metode ceramah dan metode diskusi. Hal ini berpengaruh terhadap siswa yang cenderung tidak menyukai pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah maupun metode diskusi, ini juga akan berakibat pada hasil belajar yang akan dicapai siswa nantinya. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode sosiodrama. Adapun metode sosiodrama ini merupakan metode pembelajaran yang siswanya dapat mendramatisasikan tingkah laku, ataupun ungkapan gerak gerik wajah seseorang dalam hubungan sosial antar manusia. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar tentang Pengaruh Peradaban India pada siswa kelas X SMAN 3 Atambua. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan dengan soal tes. Kemudian data observasi guru dan siswa dianalisis menggunakan rumus presentase dan untuk hasil tes menggunkan rumus ketuntasan klasikal. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Hasil Belajar dilakukan melalui lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, tes dan refleksi. (2) Adanya peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Sejarah Pengaruh Peradaban India Kelas X di SMAN 3 Atambua dengan menerapkan
Metode Sosiodrama. Hal ini bisa dilihat dari hasil aktivitas guru yang meningkat dari presentase 66,66% (cukup) pada siklus I menjadi 85% (baik) pada siklus II, dan aktivitas siswa meningkat dari presentase 62,5% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 87,5% (sangat baik) pada siklus II serta peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 65,21% pada siklus I menjadi 79,31% pada siklus II dengan KKM mata pelajaran sejarah pengaruh peradaban India di SMAN 3 Atambua adalah 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa semakin aktif serta keterampilan mengajar guru meningkat menjadi baik.
Kata Kunci : Peningkatan, Hasil, Belajar, Metode Sosiodrama
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Margaretha Mau - Personal Name
|
Student ID |
1601090019
|
Dosen Pembimbing |
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 MAU P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |