Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tema 1, Subtema 1, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Perumnas 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tema 1, Subtema 1, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Perumnas 2 Kupang

XML

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning di kelas IV SDI Perumnas 2 Kupang. Subjek dalam penelitian ini dilakukan di SDI Perumnas 2 Kupang. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kelas siswa kelas IV SDI Perumnas 2 Kupang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 27 orang, terdiri dari 14 siswa dan 13 siswi.
Hasil Penelitian menunjukkan, dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil
pengamatan aktivitas guru dengan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 67,5%, dengan kriteria baik. Skor yang diperoleh pada siklus II yaitu 92,5%, dengan kriteria sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa dengan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 62,77%, dengan kriteria baik. Skor yang diperoleh pada siklus II yaitu 81,48%, dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar (tes) pada siklus I hanya 17 siswa (62,96%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan 10 siswa (37,03%) belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 24 siswa (88,88%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 3 siswa (11,11%) belum tuntas. Oleh karena itu dapat disimpulkan, dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1, subtema 1, pembelajaran 2.
Kata kunci : Model pembelajaran problem based learning, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
SAH FATAHUDDIN LIBU - Personal Name
Student ID
1701140105
Dosen Pembimbing
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LIB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA