Aplikasi Tiktok Dan Eksistensi Diri Penggunanya (Studi Fenomenologi pada Remaja Pengguna Aplikasi TikTok di Kelurahan Oepura Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Aplikasi Tiktok Dan Eksistensi Diri Penggunanya (Studi Fenomenologi pada Remaja Pengguna Aplikasi TikTok di Kelurahan Oepura Kota Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan aplikasi TikTok dan dampak aplikasi TikTok terhadap eksistensi diri penggunanya pada remaja di Kelurahan Oepura. Teori yang digunakan adalah Teori Konstruksi Sosial Teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi dan objek penelitiannya adalah remaja di Kelurahan Oepura yang merupakan pengguna aktif aplikasi TikTok. Teknik pengumpulan data dengan Observasi nonpartisipan, Wawancara mendalam, dan Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif penggunaan aplikasi TikTok adalah sebagai sarana untuk mencari hiburan dan menghilangkan rasa penat/bosan, untuk mengekspresikan diri, dan meningkatkan kepercayaan diri. Sedangkan dampak penggunaan aplikasi TikTok terhadap eksistensi diri remaja di kelurahan oepura adalah dikenal banyak orang, mendapatkan penghasilan, medapat komentar negatif, dan menjadi kecanduan bermain TikTok. Hasil ini di dukung dengan Teori Konstruksi Sosial Teknologi, teori ini berpandangan bahwa manusia yang menentukan teknologi. Kontruksi sosial teknologi merupakan kondisi dimana masyarakat membutuhkan dan membuat teknologi karena didasari oleh kebutuhan sosialnya. Dari hasil penelitian ini di harapkan kepada penelitian berikutnya agar dapat melengkapi kekurangan dalam penelitian ini, sehingga bisa lebih detail lagi dalam pembahasannya dengan melakukan penelitian pada penggunaan aplikasi TikTok sehingga dapat memperkaya hasil penelitian.

Kata Kunci : Aplikasi TikTok, Eksistensi Diri, Fenomenologi, Remaja


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1703050181
Dosen Pembimbing
MAS AMAH - 197906172008012020 - Dosen Pembimbing 1
Mariana A. N. Letuna - 198408182009122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mas'amah - 197906172008012020 - Ketua Penguji
Mariana A. N. Letuna - 198408182009122002 - Penguji 1
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Foe A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA