Skripsi
Penerapan Metode eksperimen berbasis Paikem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa IPA Tentang Sumber Energi Kelas IV SD GMIT Pitungbang Alor Barat Laut
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar siswa tentang sumbe energi melalui metode eksperiment berbasis PAIKEM dikelas IV SD GMIT Pitunbang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi SD GMIT Pitungbang di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 16 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 66,87 meningkat menjadi 98,75 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 31,88. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 56,25% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan presentase 43,75%. Aktivitas siswa pada siklus I 61,28 menjadi 82,81 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 21,53, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperiment pada materi sumber energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDI GMIT Pitungbang.
Kata Kunci: metode eksperiment, PAIKEM, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Meixam Yusradin Adang - Personal Name
|
Student ID |
1701140071
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 ADA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |