Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Permainan Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Subtema 3 Peserta Didik Kelas II SDN Bijaesahan

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Permainan Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Subtema 3 Peserta Didik Kelas II SDN Bijaesahan

XML

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema 3 menggunakan permainan berbasis kearifan lokal. Tujuan ini didasarkan pada pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran di SDN Bijaesahan Kabupaten Kupang, yang masih didominasi metode ceramah, belum melibatkan siswa secara aktif, serta tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Kondisi ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tercatat pada pembelajaran tentang pecahan, kata sapaan, dan mengenal karakteristik individu hanya 1 dari 15 (6,67%) siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian perlu sebuah upaya perbaikan secara komprehensif yakni dengan perlibatan siswa aktif menggunakan permainan berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan di SDN Bijaesahan Kabupaten Kupang. Jenis penelitian PTK dengan subjek siswa kelas II dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitiannya adalah soal pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yaitu obsevasi dan tes. Indikator keberhasilannya 100% siswa tuntas dengan KKM ditentukan yaitu 70.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terdapat 9 dari 15 siswa (60%) tuntas dengan rata-rata 68; nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40.Pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa (100%) dengan rata-rata 80,67; dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 80. Hasil observasi mengajar guru pada siklus I mencapai nilai 77,5 dengan kriteria B meningkat pada siklus II yakni 87,5 dengan kriteria A. sedangkan untuk observasi keaktifan siswa pada siklus I rata-rata keaktifan siswa mencapai 65,33 dengan kriteria C meningkat pada siklus II dengn rata-rata 80,83 dan kriteria A. Dengan demikian maka dismpulkan bahwa menggunakan permainan berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan hasil belajar siwa kelas II SDN Bijaesahan pada tema 7 subtema 3.

Kata Kunci : permainan, kearifan lokal, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARLENI KOEHUA - Personal Name
Student ID
1601140175
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 KOE U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA