Skripsi
KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 8 SABU BARAT TAHUN AJARAN 2021/2022
XMLABSTRAK
Fokus penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah yang dibahas dalam
penelitian yakni bagaimanakah kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas
VIII A SMP Negeri 8 Sabu Barat. Terdapat dua aspek yakni, (1) Struktur teks
terbagi atas (Tujuan, Langkah-langkah, Penegasan ulang). (2) Kaidah kebahasaan
terbagi atas (Kata kerja perintah, pernyataan persuasif, kata hubung dan
keterangan) . Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menulis
merupakan suatu kegiatan komunikasi berupa penyampaian pesan (informasi)
secara tertulis kepada pihak dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau
medianya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif salah satu prosedur
penelitian yang menghasilkan tulisan atau perilaku siswa yang diamati.
Berdasarkan pemerolehan nilai rata-rata skor yang diperoleh kelas dalam struktur
teks prosedur terdapat 9 orang siswa dengan kode nama AVR, KKL, FKH, KPT,
LMR, MRL, BRK, GM, IL memiliki kategori sangat baik, terdapat 6 orang
dengan kode nama siswa AFM, AHD, DAR, EHR, JL, JDT memiliki kategori
baik, terdapat 1 orang dengan kode nama siswa MDM kategori cukup baik,
terdapat 4 orang dengan kode nama siswa CDJ, DKK, RHW, SAD yang memiliki
kategori kurang . Dari berbagai aspek dalam struktur teks di atas terdapat 16
orang siswa yang tuntas dan 4 orang yang tidak tuntas. Berdasarkan pemerolehan
nilai rata-rata skor yang diperoleh kelas dengan kaidah kebahasaan terdapat 2
orang dengan kode nama siswa GM, LMR memiliki kategori sangat baik terdapat
8 orang dengan kode nama siswa AFM, AHD, KKL, DAR, JDT, KPT, MRL,
MDM memiliki kategori baik, terdapat 1 orang dengan kode nama siswa DKK
kategori cukup baik, terdapat 9 orang dengan kode nama siswa AVR, BRK, CJD,
EHR, FKH, IL, JL, RHW, SAD yang memiliki kategori kurang baik. Berdasarkan
kaidah kebahasaan terdapat 11 orang siswa yang tuntas dan 9 orang yang tidak
tuntas. Jadi, jumlah siswa yang tuntas berdasarkan struktur teks dan kaidah
kebahasaan ialah 12 orang siswa, dan yang tidak tuntas 8 orang siswa. Hal ini
menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Sabu Barat
Tahun Ajaran 2021/2022 dalam menulis teks prosedur sesuai dengan struktur
teks dan kaidah kebahasaan sudah mencapai (KKM) 75.
Kata Kunci: kemampuan menulis, teks proseduR
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
FEBRI YANTI BUNGA RIHI - Personal Name
|
Student ID |
1701010116
|
Dosen Pembimbing |
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Karolus B. Jama - 197906102008121001 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1 Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi | |
Departement |
FKIP PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
882.01 RIH K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |