Skripsi
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH TENTANGMENGENALASPEK EKONOMI PADA MASA PRAAKSARA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVER LEARNING PADA SISWA KELAS X SMAN 1 TITEHENA KABUPATEN FLORES TIMUR
XMLABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran discover learning tentang mengenal aspek-aspek ekonomi pada masa praaksara untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS SMA N 1 Titehena. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang mengenal aspek-aspek ekonomi pada masa praaksara dengan menerapkan model pembelajaran discover learning pada siswa kelas X SMA N 1 Titehena. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 25 siswa kelas X SMA N 1 Titehena. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar Siswa. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I mendapat jumlah skor rata-rata 32 dengan kriteria baik dan pada siklus II mendapat jumlah skor rata-rata 37 dengan kriteria sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata 26,8 dengan kriteria baik dan pada siklsus II memperoleh jumlah skor rata-rata 30,5 dengan kriteria baik, (3) hasil belajar siswa berupa sejarah pada akhir siklus I memperoleh nilai rata-rata 74 dan ketuntasan belajar klasikal 74%, pada akhir siklus II mendapat nilai rata-rata 82 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 82%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discover learning dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa sejarah pada siswa kelas X SMA N 1 Titehena. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya membiasakan menerapkan modelDiscover Learning dalam pembelajaran sejarah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran Discover Learning, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ELISABETH LIMAHEKING - Personal Name
|
Student ID |
1701090008
|
Dosen Pembimbing |
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Dosen Pembimbing 1
FRANSINA APRILYSE NDOEN - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Melkisedek Taneo - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 1 H. Djakariah - 1966120519911031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 ING P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |