Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Students Teams Achievement Division)Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Bagian – Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV SDI Bertingkat Kelapa Lima 3 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Students Teams Achievement Division)Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Bagian – Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV SDI Bertingkat Kelapa Lima 3 Kupang

XML

ABSTRAK
Usman, Kartini. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya Kelas IV SDI Bertingkat Kelapa Lima Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing (I) Dr. Benediktus Kasa, M.Si. (II) Maxel Koro S.Pd, M.Pd IPA merupakan rumpun ilmu, memiliki karakteristik khusus yaitu mempelajari fenomena alam yang faktual, baik berupa kenyataan atau kejadian dan hubungan sebab akibatnya. Model . pembelajaarn kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok – kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 4 – 6 orang, dengan struktur kelompoknya berisfat heterogen. (Slavin dalam Entin Solihatin 2007 : 4 ). Tujuan dari penelitian ini untuk menguji adanya pengaruh signifikan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI Bertingkat Kelapa Lima 3. Desain penelitian One group pretest posttest desain adalah sebelum perlakuan, responden terlebih dahulu diberikan pretest (tes awal) dan diakhir pembelajaran responden diberikan posttest (tes akhir). Hasil perhitungan uji validitas soal menggunakan Microsoft exel 2007, menunjukan nilai produk moment rhitung untuk masing-masing pertanyaan lebih besar dari rtabel (0,367) sebanyak 20 butir soal dan semuanya dinyatakan valid. Hasil perhitungan reliabilitas tes hasil belajar dengan 20 butir soal dengan rumus (R.11) adalah reliabel. Dari hasil perhitungan indeks reliabilitas dapat diketahui bahwa r11 = 0,9 > rtabel 0,367, sehingga instrument penelitian dinyatakan “reliabel”. Berdasarkan analisis statistic menggunakan program SPSS 21, data hasil perhitungan uji normalitas data pretest = 0,200 > 0,05 Sedangkan pada Posttest diperoleh 0,16 > 0,05 diketahui bahwa data pretest, posttest¸dan hasil belajar pada siswa kelas IV memiliki nilai signifikansi > 0,05. Sedangkan hasil uji homogenitas dengan menggunakan program SPSS 21 diperoleh nilai Based On Mean sebesar 0.703 > 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa kedua data dinyatakan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan t-test diperoleh nilai signifikan( 2- tailed ) 0,00 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha yang berbunyi model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya kelas IV SDI Bertingkat Kelapa Lima 3 dinyatakan diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Kartini Usman - Personal Name
Student ID
1801140083
Dosen Pembimbing
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 1
Maksel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Usm P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA