Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learningtentang Materi Pengerahan Dan Penindasan Versus Perlawanan Pada Siswa Kelas Xi Ips2sma Negeri 4 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learningtentang Materi Pengerahan Dan Penindasan Versus Perlawanan Pada Siswa Kelas Xi Ips2sma Negeri 4 Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa padamata pelajaran sejarah setelah menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas Xi IPS2 SMAN 4 Kota Kupang. (2) Meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang materi pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas Xi IPS2 SMAN 4 Kota Kupang. Lokasi dalam penelitian ini di SMAN 4 Kota Kupang dengan titik fokus penelitian pada kelas XI IPS2 serta subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 peserta didik. Dalam penelitian ini juga ada beberapa prosedur penelitian yaitu: (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap Pelaksanaan Tindakan, (3) Tahap Observasi, dan (4) Tahap Refleksi, dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menjawab masalah dalam penelitian diperoleh dari lembaranobservasi dan analisis hasil belajar untuk mengetahui ketuntasan peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching ang Learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjuakn bahwa dari hasil observasi dan hasil analisis nilai siswa sebelum penelitian menerapkan model pembelajaran Contextuan Teaching and Learning dari 25 siswa, hanya 10 siswa yang nilainya tuntas atau mencapai KKM dengan presentase (40%) sedangkan 15 siswa yang belum mencapai standar KKM dengan presentase (60%). Dari hasil tersebut peneliti melakukan refleksi dan menerapkan materi pengerahan dan penindasan versus perlawanan, dalam siskul I yang dilaksanakan pada hari Rabu, 06 Oktober 2021. Pada akir pembelajaran peneliti memberikan soal test kepada siswa dan hasilnya mengelami peningkatan pada sebelumnya, dari 25 siswa yang mengikuti test pada siklus I terdapat 16 siswa yang tuntas dengan presentase (64%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi apabila nilai 90% atau lebih dari jumlah siswa kelas XI IPS2 SMAN 4 Kota Kupang telah tuntas atau yang mencapai KKM >75. Dari hasil refleksi pada siklus I, ketuntasan belajar klasikal belum tercapai. Sehingga, peneliti melanjutkan ke siklus II berdasarkan hasil analisis diketahui dari 25 siswa yang mengikuti evaluasi test, terdapat 23 siswa yang tuntas atau telah mencapai standar KKM dengan presentase ketuntasan (92%). Dari hasil tersebut peneliti menyatakan penelitian tindakan kelas dihentikan karena target ketuntasan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berhasil meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS2 SMAN 4 Kota Kupang.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning


Detail Information

Item Type
Penulis
ABRAHAM AGUSTINUS RUSAE - Personal Name
Student ID
1701090072
Dosen Pembimbing
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Ketua Penguji
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 SAE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA