Peningkatan Hasil Pembelajaran Sejarah Indonesia Melalui Penerapan Model Probing-Prompting Kelas X Di Smk Swakarsa Ruteng

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Pembelajaran Sejarah Indonesia Melalui Penerapan Model Probing-Prompting Kelas X Di Smk Swakarsa Ruteng

XML

ABSTRAK
Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas X SMK Swakarsa Ruteng dalam mata pelajaran sejarah. Dibuktikan dengan prosentase belajar siswa dikelas sebelumnya sebesar 20% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah kurang aktif dalam pembelajaran, ketidakmampuan menjawab pertanyaan, sehingga hasil belajar siswa menjadi sangat kurang atau dibawah standar ketuntasan belajar siswa. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan metode probing-prompting untuk diterapkan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Probing-prompting dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMK Swakarsa Ruteng. Penelitian ini berlokasi di Ruteng, Kabupaten Manggarai. Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hubungan keempat komponen tersebut dipandang sebagai suatu siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swakarsa Ruteng dengan jumlah 15 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) dalam penerapan metode probing-prompting terdapat peningkatan aktivitas guru dan juga siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai prosentase 76,6% (baik), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai prosentase 87,5% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai prosentase 62,5% (baik), sedangkan pada siklus II mencapai prosentase 82,5 % (baik sekali); 2) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 60,26. Pada siklus I mengalami peningkatan. Pada siklus II sebesar 83,13. Prosentase hasil belajar sebesar 40% di siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80%, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan.

Kata kunci : Hasil belajar, Pembelajaran sejarah, Model Probing- prompting.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA CATHARYNA ALAMAT - Personal Name
Student ID
1701090048
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. H. Djakariah, M.Pd - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Susilo S. Utomo - 1989062420140441001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 ALA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA