PENGGUNAAN MEDIAKARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN MERANGKAI KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD INPRES SANENU

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MEDIAKARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN MERANGKAI KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD INPRES SANENU

XML

Skripsi oleh Margaretha Floresty Dhiu Lay dengan judul “Penggunaan
Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Merangkai Kata untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Sanenu”. Rumusan
masalah penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan media kartu huruf dalam
pembelajaran merangkai kata untuk meningkatkan hasil belajar membaca
permulaan ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media
kartu huruf dalam pembelajaran membaca permulaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan
sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan
mengambil lokasi di SD Inpres Sanenu. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi
kelas I berjumlah 17 orang, dengan rincian 9 orang laki-laki dan 8 orang
perempuan. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi checklist aktivitas
guru, aktivitas siswa dan juga lembar tes siswa, kemudian data yang terkumpul
diolah menggunakan deskriptif kuantitatif dan dianalisis lebih lanjut dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru selama proses
pembelajaran, yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 3,59 dengan kategori
baik, sedangkan pada siklus II sudah mencapai nilai rata-rata 3,68 dengan kategori
baik sekali. Serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata 3,28 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata 3,8 dengan kategori baik sekali. Hasil tes kemampuan
membaca permulaan siswa pada kemampuan awal sebelum tindakan terjadi
peningkatan dari rata-rata 61,43 % menjadi 73,20 % pada siklus I dan pada siklus
II meningkat menjadi 90,84 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan siswa


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140187
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
pendidikan guru sekolah dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LAY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA