Pengaruh Peran Guru Dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik Dan Persepsi Peserta Didik Tentang Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Kelas V Di SD Negeri Oebobo 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Peran Guru Dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik Dan Persepsi Peserta Didik Tentang Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Kelas V Di SD Negeri Oebobo 2 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara peran guru dalam pengembangan potensi peserta didik, persepsi peserta didik tentang pembelajaran tematik terhadap hasil belajar kelas V di SD Negeri Oebobo 2 Kupang secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Oebobo 2 Kupang sebanyak 51 peserta didik. penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan pegujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan untuk hipotesis pertama terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,658 > 2,010) nilai sig 0,001 dengan pengaruh sebesar 21,5%, untuk hipotesis kedua terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (4,139 > 2,010) nilai sig 0,000 dengan pengaruh sebesar 25,9%, kemudian hipotesis ketiga terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel ( 13, 521 > 3,190) nilai sig hitung sebesar 0,000 dengan pengaruh sebesar 36%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru dalam pengembangan potensi peserta didik dan persepsi peserta didik tentang pembelajaran tematik terhadap hasil belajar kelas V di SD Negeri Oebobo 2 Kupang baik secara parsial maupun simutan .

Kata Kunci : Peran Guru, Potensi, Persepsi Peserta Didik, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
NOVITA SARI WAANG - Personal Name
Student ID
1601140164
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Waa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA