Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 AMANUBAN TIMUR
XMLABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan bahwa selama ini pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Amanuban Timur merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Hal ini dikarenakan kurangnya keterampilan guru dalam pembelajaran, selain strategi yang digunakan masih bersifat konfensional, media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik dan interaktif, hal ini merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Dengan demikian untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukannya tindakan. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan peneliti berperan sebagai guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menngkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Amanuban Timur pada materi pemikiran-pemikiran yang melandasi peristiwa-peristiwa penting di Eropa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah Kualitatif, hipotesis tindakan melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Amanuban Timur, Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan setiap siklus yaitu tindakan awal atau pra siklus dimana dari 30 orang siswa terdapat 14 orang siswa (46,67%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai lebih dari KKM, sedang 16 orang siswa lainnya (53,33%) belum mencapai KKM. Selanjutnya pada siklus 1 dari 30 orang siswa terdapat 24 orang siswa (80%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai lebih dari KKM, sedang 6 orang siswa lainnya (20%) belum mencapai KKM. dan pada siklus 2 dari 30 orang siswa terdapat 28 orang siswa (93,33%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai lebih dari KKM, sedang 2 orang siswa lainnya (6,7%) belum mencapai KKM. Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Amanuban Timur pada materi pemikiran pemikiran yang melandasi peristiwa- peristiwa penting di Eropa.
Kata Kunci : Belajar; Snowball Throwing; Hasil Belajar; Pembelajaran Sejarah
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
YOHANA MARIA BUSI - Personal Name
|
Student ID |
1601090008
|
Dosen Pembimbing |
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1 Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Universitas Nusa Cendana
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 USI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |