Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Metode Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri Oinlasi Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Metode Pembelajaran Diskusi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri Oinlasi Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Pendidikan merupakan usaha terencana untuk memanusiakan manusia. Pendidikan di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi, berupa pengetahuan, ketrampilan, sikap, perubahan perilaku dalam belajar serta mengembangkan potensi peserta didik. Hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri Oinlasi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain guru menggunakan metode belajar secara monoton / konvensional. Faktor lain dari siswa yaitu motivasi belajar siswa rendah. Guru hendaknya memilih metode yang tepat sehingga merangsang siswa untuk lebih aktif dalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada sub-bab terbentuknya jaringan nusantara dikepulauan indonesia bagi siswa perlu menggunakan metode pembelajaran Diskusi. Dengan menggunakan pembelajaran Diskusi, hasil pembelajaran dapat meningkat. Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi masalah, merencanakan, melaksanakan, memaparkan dan mengevaluasi. Berdasarkan hasil keseluruhan tersebut dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa adanya peningkatan yang dapat dilihat dari presentase keberhasilan belajar yaitu dari 36 peserta didik yang mencapai KKM berjumlah 15 orang dengan presentase (41.66%) pada siklus I, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 34 orang atau (94,44%), sedangkan siswa yang nilainya dibawa KKM berjumlah 21 orang atau (58,33%) pada siklus I, menurun pada siklus II menjadi 2 orang peserta didik yang tidak memenuhi KKM dengan presentase (5,55%) dan rata-rata nilai pada siklus I (70,80%) meningkat menjadi (78,11) pada siklus II. Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 6,92% pada siklus I, meningkat dengan angka 14,20% pada siklus II. Pengamatan terhadap kegiatan kinerja guru juga mengalami peningkatan dari siklus I 74,54% menjadi 90,90% pada siklus II.

Kata Kunci: Belajar;Hasil Belajar;Metode Diskusi;Pembelajaran sejarah.


Detail Information

Item Type
Penulis
YUNITA TALOIM - Personal Name
Student ID
1701090092
Dosen Pembimbing
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 OIM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA