Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Hak Dan Kewajiban Dalam Penggunaan Sumber Energi Air Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Petra Alak

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Hak Dan Kewajiban Dalam Penggunaan Sumber Energi Air Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Petra Alak

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa tentang hak dan kewajiban dalam penggunaan sumber energi air dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design.Dengan rancangan penelitian tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control siswa kelas IV SD Petra Alak, angkatan 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran scramble. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil posttest kelas IVA (kelas eksperimen) memilki nilai rata-rata 75,29 dan standar deviasi 13,166 sedangkan hasil pretest kelas IV B (kelas kontrol) memiliki nilai rata-rata 65,59 dan standar deviasi 8,993. Hasil ini dilihat dari perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap dua kelompok dengan hasil yang di peroleh thitung= 2,510 apabila dikonsultasikan dengan ttabel dengan df 32 pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,042.
Dengan demikian t hitung > t tabel (2,510>2,042) yang berarti Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam penggunaan sumber energi air dalam kehidupan sehari-hari kelas IV SD Petra Alak.

Kata Kunci: Model Scramble, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Popy Rihi Huky - Personal Name
Student ID
1601140043
Dosen Pembimbing
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 UKY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA