Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Hak Dan Kewajiban Dalam Penggunaan Sumber Energi Air Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Petra Alak
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa tentang hak dan kewajiban dalam penggunaan sumber energi air dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design.Dengan rancangan penelitian tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control siswa kelas IV SD Petra Alak, angkatan 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran scramble. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil posttest kelas IVA (kelas eksperimen) memilki nilai rata-rata 75,29 dan standar deviasi 13,166 sedangkan hasil pretest kelas IV B (kelas kontrol) memiliki nilai rata-rata 65,59 dan standar deviasi 8,993. Hasil ini dilihat dari perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap dua kelompok dengan hasil yang di peroleh thitung= 2,510 apabila dikonsultasikan dengan ttabel dengan df 32 pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,042.
Dengan demikian t hitung > t tabel (2,510>2,042) yang berarti Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam penggunaan sumber energi air dalam kehidupan sehari-hari kelas IV SD Petra Alak.
Kata Kunci: Model Scramble, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Popy Rihi Huky - Personal Name
|
Student ID |
1601140043
|
Dosen Pembimbing |
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 UKY P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |