Pengaruh Metode Eksperimen pada Sifat-sifat Cahaya terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Inpres Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Eksperimen pada Sifat-sifat Cahaya terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Inpres Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang

XML

Skripsi oleh Eldy Sofianytha Ottu, NIM 1701140151 dengan judul Pengaruh Metode Eksperimen Pada Sifat-sifata Cahaya Terhadap Hasil Belajar Siwa di Keals IV SD Inpres Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Masalah dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya di siswa kelas IV SD inpres Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PreExperimental Design dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Oesapa yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan metode eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA. Terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan metode eksperimen 79,10 lebih tinggi daripada persentasi nilai yang mencapai KKM pada pembelajaran sebelum diberikan perlakuan hanya mencapai 40,89. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 25 dilakukan dengan uji t atau student t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 2,090 > 1,701, Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar variabel. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara sebelum digunakannya metode eksperimen dan sesudah digunakannya metode eksperimen pada pembelajaran.

Kata Kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Eldy Sofianytha Ottu - Personal Name
Student ID
1701140151
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 OTT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA