PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE PADA MATERI INDUKSI MATEMATIKA KELAS XI SMA NEGERI 7 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE PADA MATERI INDUKSI MATEMATIKA KELAS XI SMA NEGERI 7 KUPANG

XML

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini memang jauh berkembang lebih pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Transformasi dari teknologi yang lebih mudah dan cepat. Kemajuan ini didukung dengan dengan munculnya teknologi baru dalam mempromosikan barang jualan, dalam mencari informasi pendidikan, informasi pekerjaan, dan informasi tentang pemerintahan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan dan Menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis Website pada materi Induksi Matematika kelas XI SMA Negeri 7 Kupang yang valid, praktis, dan efektif. Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis Website pada materi Induksi Matematika kelas XI SMA Negeri 7 Kupang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan model yang digunakan pengembangan ADDIE yang terdiridari 5 tahapan yakni analisis (analysis),desain(design),pengembangan(development),implementasi(implementatio) dan penilaian (evaluation).Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara, angket dan tes.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket dan soal tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan dan teknik analisis keefektifan media pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis website memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.Untuk aspek valid, diperoleh rata-rata total kevalidan dari ahli materi adalah 4,6 dan dari ahli media adalah 4.17, sehingga termasuk dalam kategori “valid”. Untuk aspek praktis, diperoleh rata rata total kepraktisan dari ujicoba kelas kecil dan ujicoba kelas besar. Pada ujicoba kepraktisan pada ujicoba kelas kecil diperoleh kepraktisansebesar 4,38 dalam kategori “sangat praktis”dan untuk aspek efektif, persentase ketuntasan belajar menggunakan media pembelajaran diperoleh hasil 100%.Pada ujicoba kepraktisan pada ujicoba kelas besar dari guru adalah 4.63 dan dari siswa adalah 4.75, sehingga termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Untuk aspek efektif, persentase ketuntasan belajar menggunakan media pembelajaran diperoleh hasil 83.33% sehingga media pembelajaran termasuk dalam kategori “sangat efektif”.
Kata Kunci:Induksi Matematika, Media Pembelajaran Berbasis website


Detail Information

Item Type
Penulis
Lenovita Matriw Ludji - Personal Name
Student ID
1701030060
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dominikus Saka Kerans - 195708051986011001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Lud P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA