Penggunaan Model Group Investigation Pada Pembelajaran Tentang Tema 4, Sub Tema 2, Pembelajaran 1, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD Negeri Huko’u

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Group Investigation Pada Pembelajaran Tentang Tema 4, Sub Tema 2, Pembelajaran 1, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD Negeri Huko’u

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk meningkatkan hasil belajara siswa pada tema 4, sub tema 2, pembelajaran 1 melalui model pembelajaran group investigation kelas IV di SD Negeri Huko’u. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif dengan subjek berjumlah 11 orang dengan rincian siswa laki – laki 3 orang dan siswa perempuan 8 orang. Penelitian ini diadakan di SD Negeri Huko’u. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 11 subjek yang diteliti maka yang tuntas pada siklus I yakni 5 orang (45,4%) dikarenakan selalu memusatkan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung, selalu aktif dalam kelas, percaya diri ketika menjawab pertanyaan dan tertib pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan 6 orang lainnya dari 11 subjek (54,5%) belum mencapai standar ketuntasan dikarenakan siswa kurang memusatkan perhatian, kurang aktif, kurang percaya diri, pasif saat guru memberi pertanyaan, dan lama dalam memahami materi. Selanjutnya siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 11 subjek yang diteliti sudah mencapai standar ketuntasan dengan persentase 100%, dikarenakan siswa sudah memahami pembelajaran secara baik, bekerja sama dalam kelompok, percaya diri dan tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Group Investigation Pada Pembelajaran Tentang Tema 4, Sub Tema 2, Pembelajaran 1 Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV di SD Negeri Huko’u. hal ini dibuktikan bahwa siklus II mengalami peningkatan dan selanjutnya semua data menunjukkan seluruh siswa dapat mencapai nilai minimal ketuntasan, dengan demikian maka model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Group Investigation, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Tanada Lado - Personal Name
Student ID
1701140168
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA