Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scramble dengan Menggunakan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDK Canossa Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scramble dengan Menggunakan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDK Canossa Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh signifikan model pembelajaran Scramble dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDK Canossa Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitan kuantitatif pre-eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest- posttest. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Penelitian ini diadakan di SDK Canossa Kupang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest sebesar 46,60. Setelah diberikan perlakuan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan hasil posttest sebesar 79,00. Sedangkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 21 for windows di peroleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000, sehingga nilai 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran scramble dengan menggunakan media gambar terhadap hasil beljasr di kelas V SDK Canossa Kupang.


Kata Kunci: Model Scramble, Media Gambar dan Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601140140
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA