Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Question Student Have Tentang Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Langke Rembong Manggarai Tahun Ajaran 2020/2021
XMLTujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan proses penerapan pembelajaran Kooperatif Model Question Student Have pada siswa kelas XI IPS 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Langke Rembong Manggarai. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Question Student Have terhadap perkembangan belajar siswa kelas XI IPS 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Langke Rembong Manggarai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Indikator keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini adalah apabila siswa mampu mencapai nilai KKM ≥75. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pelaksanaan siklus I dari total jumlah siswa sebanyak 30 orang, yang dinyatakan tuntas sebanyak 19 orang (63%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 11 orang (37%). Pada pelaksanaan siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 30 orang (100%).
Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Question Student Have dalam pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci :Model Question Student Have, Peningkatan Hasil Belajar, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
DIONESIUS SULISTIONO HARJON - Personal Name
|
Student ID |
1601090071
|
Dosen Pembimbing |
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Ketua Penguji
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Penguji 1 FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 JON P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |