Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Tentang Proklamasi Kemerdekaan RI Dengan Menerapkankan Metode Role Playing pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Poco Ranaka
XMLMaria Hartuti Mul. Nim 1701090094 menulis skripsi berjudul Peningkatan Hasil Belajar Tentang Proklamasi Kemerdekaan RI Dengan Menerapkan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Poco Ranaka. Pembimbing I Dr. Malkisedek Taneo, M.Si dan pembimbing II Flafius Selfianus Rato, S.Pd, M.Pd. Penggunaan metode yang sama akan membuat siswa kurang aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS 1 SMAN 4 Poco Ranaka guru belum melibatkan siswa secara aktif, media yang tersedia masih kurang, sehingga hasil belajar siswa cenderung rendah. Penerapan metode Role Playing dalam pelajaran Sejarah diharapkan siswa akan lebih bersemangat dalam proses pembelajaran dan hasil belajar pun dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran sejarah tentang proklamasi kemerdekaan RI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 4 Poco Ranaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah tentang proklamasi kemerdekaan RI dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 4 Poco Ranaka. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 12 orang dan siswi perempuan berjumlah 8 0rang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumen. Siswa dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapat KKM ≥75 dan ketuntasan belajar mencapai 75%. Sebelum diadakan penelitian yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 6 orang siswa (30%). yang tidak tuntas sebanyak 18 orang siswa (70%) tidak tuntas. Setelah dilakukan penelitian hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus I yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 12 orang siswa (60%) yang tuntas dan 8 orang siswa (40%) tidak tuntas. Siklus II sebanyak 16 orang siswa (80%) yang tuntas dan 4 orang siswa (20%) tidak tuntas. Sedangkan hasil observasi menunjukan bahwa pada siklus I nilai observasi siswa mencapai 52,85% dan nilai observasi guru mencapai 66,15%. Siklus II nilai observasi siswa mencapai 97,14% dan nilai observasi guru mencapai 98,46%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan metode Role Playing
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA HARTUTI MUL - Personal Name
|
Student ID |
1701090094
|
Dosen Pembimbing |
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 Mul P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |